Belajar, Cara Menyemarakkan HUT Kemerdekaan Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, – Pandemi Covid 19 yang terjadi di Indonesia telah banyak memberikan perubahan pada beberapa sektor, mulai dari sektor pendidikan, sektor ekonomi, sektor kesehatan masyarakat dan juga sektor sosial masyarakat.

Sebentar lagi Indonesia akan menyambut kemerdekaannya yaitu pada 17 Agustus tahun 2020. Negara Indonesia pun telah memasuki usia yang ke 75 tahun sejak tanggal 17 Agustus tahun 1945. Dalam menyambut 17 Agustus, banyak lomba yang dibuat dalam menyemarakkan kemerdekaan Indonesia.

Adapun beberapa lomba yang sering diadakan dalam menyambut kemerdekaan Indonesia diantaranya, lomba panjat pinang, lomba sepakbola, lomba Tarik tambang dan lain-lain. Bukan hanya masyarakat umum yang mengadakan lomba-lomba dalam menyambut dan menyemarakkan 17 Agustus, tetapi sekolah-sekolah juga mengadakan beberapa kegiatan dalam menyemarakkan kemerdekaan. Mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA semuanya berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan menyemarakkan kemerdekaan republik Indonesia yang telah memasuki usia ke 75.

Setiap sekolah juga mengadakan upacara penaikan bendera setiap 17 agustus dan hal tersebut dilakukan sebagai bentuk nasionalisme dalam bernegara dan sebagai wujud cinta negara.

Namun ditahun 2020 seluruh dunia sedang dilanda wabah Covid 19, tidak terkecuali negara Indonesia. Pemerintah Indonesia pun telah mengeluarkan himbauan agar masyarakat bisa bersama-sama berperan dalam menghentikan penyebaran Covid 19, salah satunya adalah tidak banyak menghabiskan waktu diluar rumah dan tidak keluar rumah apabila bukan urusan penting. Himbauan tersebut dikeluarkan oleh pemerintah untuk menghentikan penyebaran Covid 19 yang dinilai semakin banyak jumlah korban positif Covid 19 setiap harinya.

Dalam rangka menyambut Dirgahayu HUT RI yang ke 75, maka lomba-lomba yang dahulunya diadakan dan diikuti dengan suasana yang ramai akan ditiadakan dan upacara bendera mulai dari tingkat nasional hingga tingkat daerah dilakukan secara terbatas. Dalam mengikuti himbauan pemerintah agar masyarakat tetap dirumah dan menghindar dari kontak fisik secara langsung dengan orang lain, maka dalam menyambut Dirgahayu HUT RI yang ke 75, masyarakat diharapkan tetap di rumah agar rantai penyebaran Covid 19 dapat dihentikan.

Banyak hal yang dapat dilakukan di rumah dalam menyambut Dirgahayu HUT RI yang ke 75 pada 17 Agustus tahun 2020. Hal yang bisa dilakukan dalam menyambut HUT RI yang ke 17 yaitu dengan pemasangan bendera sebagai bentuk nasionalisme dan cinta tanah air. Hal lain yang bisa dilakukan dalam menyambut 17 agustus di rumah yaitu dengan men

Hal lain yang juga dapat dilakukan dan sangat penting dilakukan di rumah dalam menyambut dirgahayu HUT RI adalah dengan belajar bersungguh-sungguh dan belajar tentang hal-hal baru yang mungkin belum pernah dilakukan sebelum pandemi Covid 19 terjadi.

Belajar merupakan salah satu kegiatan berpikir dan memperbarui pengetahuan serta informasi tentang sesuatu. Contoh dari belajar misalnya membaca buku yang bermanfaat dan berpikir serta memahami apa yang dibaca tersebut, membaca sangat penting dilakukan agar informasi dan pengetahuan yang ada dalam diri seseorang dapat bertambah, Belajar juga merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan oleh seluruh masyarakat di Indonesia khususnya para pelajar dan mahasiswa.

Dalam menyambut kemerdekaan Indonesia tidak hanya terbatas pada saat upacara bendera atau mengikuti lomba-lomba untuk kembali mengingatkan perjuangan para pahlawan bangsa. Selama di rumah, masyarakat diharapkan agar selalu mau belajar bersungguh-sungguh dan belajar hal-hal yang baru.

Dengan terciptanya rasa selalu ingin belajar, khususnya pada pandemi Covid 19 yang terjadi sekarang yang menghimbau masyarakat agar selalu di rumah, maka terciptanya masyarakat pembelajar dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

Belajar juga merupakan salah satu wujud cinta tanah air, dahulunya pejuang kemerdekaan menggunakan senjata dan berperang secara fisik untuk mengusir penjajah dan menjadikan Indonesia yang merdeka. Sedangkan tugas masyarakat di seluruh Indonesia diharapkan agar selalu dan berusaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan belajar merupakan salah satu bentuk mempertahankan negara Indonesia dan membuat Indonesia menjadi pusat perhatian seluruh negara di dunia.

Dalam menyambut HUT RI yang ke 75, pelajar dan mahasiswa bisa mengikuti lomba atau berprestasi walaupun hanya sebatas di rumah. Dengan banyaknya waktu di rumah, maka pemikiran kreatif dan sikap inovatif muncul.

Dengan adanya pemikiran kreatif dan sikap inovatif menjadikan pelajar dan mahasiswa bisa menyambut 17 agustus walaupun hanya di rumah. Misalnya dengan mengikuti lomba menulis cerpen atau lomba video kreatif yang bisa banyak ditemukan di media internet, maka dengan banyaknya waktu di rumah menjadikan seseorang bisa menyalurkan kreativitasnya dalam lomba-lomba tersebut. Jadi lomba yang diikuti tidak hanya dilakukan di lapangan saja. Tetapi walaupun di rumah, seseorang bisa membuat prestasi dan membuat negara Indonesia bangga dengan prestasi tersebut.

Banyaknya prestasi yang diperoleh merupakan salah satu bentuk wujud cinta negara dan sikap nasionalisme harus dimiliki oleh seluruh elemen masyarakat dalam menyemarakkan dirgahayu HUT RI yang ke 75. Tanpa adanya sikap nasionalisme yang dimiliki oleh setiap elemen masyarakat menjadikan sikap cinta negaranya kurang dan tidak peduli terhadap persoalan bangsa. Meskipun perayaan 17 Agustus ini hanya dilakukan di rumah, tetapi dengan adanya sikap nasionalisme tersebut dalam diri setiap masyarakat menjadikan 17 Agustus tahun 2020 lebih berkesan dan menjadikan masyarakat yang tidak lupa terhadap jasa para pahlawan yang telah berkorban untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang merdeka dari para penjajah.

Penulis: Izzul Fikri Tolinggi
FB: @Izzul Fikri Tolinggi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini