Apakah Anak Muda Sekarang Minat dengan HMI?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA  Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI merupakan organisasi tertua dan terbesar di Indonesia. Sebagai organisasi tertua HMI telah memiliki kuranglebih 600 ribu kader dengan 219 cabang di seluruh Indonesia. Lalu, apakah HMI masih banyak peminatnya?

Seperti yang kita ketahui, terdapat dua tujuan yang hendak dicapai sejak HMI berdiri. Pertama, mempertahankan NKRI dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia. Kedua, menegakkan dan mengembangkan ajaran agama islam.

Masyarakat zaman sekarang dan teknologi sangat akrab serta tak memandang umur maupun profesi. Kini, hampir seluruh mahasiswa yang terlihat di sudut-sudut kampus tak ada yang lepas dari gawai atau smartphone milik mereka.

Dengan hadirnya sosial media, membuat sejumlah generasi sekarang lebih cenderung membanggakan pola hidup bebas dan tidak peduli terhadap keadaan sosial.

Lalu, mahasiswa zaman sekarang yang minat HMI termasuk organisasi mahasiswa lainnya hanya sedikit. Sebab, dunia telah menunjukkan perubahannya dan generasi milenial lebih senanguntuk berfoya-foya, hedonis, apatis serta individual.

Hal tersebutlah yang menjadi tantangan bagi HMI. Oleh karena itu, HMI harus mampu beradaptasi menyesuaikan student need dan student interest.

Kini, HMI harus mulai berpikir bagaimana generasi milenialagar dapat bergabung dengan HMI. Sebab, HMI harus dapatmengeluarkan generasi milenial dari gelapnya zaman sekarang.

Untuk itu, HMI harus memikirkan strategi awal dan harus dilanjutkan dengandoktrinasi alienasihingga sampai kegenerasi yang dituju.

HMI harus dapat menarik minat mahasiswa “zaman now” dengan menyesuaikan keinginan mereka, tetapi juga dalam waktu yang bersamaan juga harus menjaga agar kualitas kader HMI tidak menurun, dan bahkan harapannya bisa lebih baik.”

Untuk itu, terdapat alasan mengapa mahasiswa harus masuk HMI antara lain akan memiliki kesempatan untukbertemu dengan orang-orang hebat

Mentalnya akan dilatih lebih kuat dan bijaksana dalam menyelesaikan suatu masalah. HMI akan mengajarkan menjadi pemimpin yang bijaksana dan kharismatik, organisasi ini juga mengajarkan cara membagiwaktu, serta HMI akan mengajarkan anggotanya untuk berpikir kritis dalam mengambil keputusan.

Azizah Putri Octavina, Mahasiswi Politeknik Jakarta 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini