Aktif Berorganisasi untuk Hadapi Pandemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, – Saya seorang yang suka berorganisasi. Beberapa organisasi saya ikuti selama ini. Dari bangku perkuliahan sampai dengan sekarang dalam kehidupan bermasyarakat. Organisasi kepemudaan maupun kemasyarakatan saya masih ikuti sampai dengan sekarang, disamping bekerja. Saya aktif di berbagai kegiatan kepemudaan maupun kemasyarakatan. Dari Karang Taruna maupun menjadi Ketua RW di salah satu Kelurahan di Kota Kripik Purwokerto, di lereng Gunung Slamet, yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Dari berbagai macam kegiatan organisasi baik kepemudaan maupun kemasyarakatan, ada salah satu organisasi kepemudaan yang saya ikuti dan relatif baru. Belum ada 1 ( satu ) tahun, tapi saya aktif di organisasi tersebut karena banyak bergerak di bidang sosial kemasyarakatan yang langsung menyentuh ke masyarakat. Nama organisasinya adalah  Pemuda Pancasila Ranting Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah.

Saya melihat organisasi Pemuda Pancasila di Kelurahan Arcawinangun walaupun anggotanya tidak terlalu banyak. Tapi rasa kekeluargaan dan kegotongroyongannya cukup bagus. Ini yang membuat saya tertarik.

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia, saya bersama-sama dengan Pemuda Pancasila melakukan banyak kegiatan dan lebih banyak ke penanganan masyarakat yang terdampak Covid-19, diantara kegiatan yang dijalankan adalah :

  1. Pemberian bantuan sembako dan galon air mineral bagi masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah
  2. Penyemprotan disinfektan ke seluruh wilayah Arcawinangun
  3. Pemberian santunan kepada anak yatim dan orang dhuafa.
  4. Mengadakan kegiatan-kegiatan lomba untuk peningkatan Sumber Daya Anak-anak secara virtual.
  5. Mengikuti kegiatan upacara bendera baik pengibaran maupun penurunan secara virtual.

Salah satu puncak kegiatannya adalah upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Republik Indonesia.

Itu semua kegiatan-kegiatan yang saya dan teman-teman Pemuda Pancasila Arcawinangun laksanakan pada saat memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia. Kegiatan-kegiatan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan oleh saya dan teman-teman Pemuda Pancasila Arcawinangun dalam rangka menggerakan dan menguatkan masyarakat untuk segera bangkit dari permasalahan yang sedang dialami yaitu adanya wabah pandemic covid-19.

Kegiatan pemberian sembako dan air mineral  kepada para keluarga yang sedang isolasi mandiri sangat bermanfaat. Itu juga bisa membangkitkan semangat dan motivasi bagi para keluarga yang sedang isolasi mandiri karena tidak hanya memberi saja tapi bagaimana Pemuda Pancasila mengedukasi tentang protokoler kesehatan dan memberi semangat untuk sembuh dan nantinya bisa beraktivitas lagi seperti biasa.

Penyemprotan disinfektan merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Sepanjang Agustus 2021, penyebaran Covid-19 meningkat. Sehingga penyemprotan disinfektan, bisa meminimalisir resiko penyebaran covid-19 di masyarakat. Pemberian santunan kepada anak yatim dan dhuafa juga kegiatan yang sangat bermanfaat.

Dalam rangka menggerakan semangat anak-anak yang hampir 2 ( dua ) tahun tidak ada aktivitas sekolah secara tatap muka, Pemuda Pancasila mengadakan lomba secara virtual bagi anak-anak setara SD dan SLTP sehingga menjadikan mereka semangat dalam belajar.

Itulah catatan singkat, terkait pengalaman saya pribadi mengikuti organisasi kepemudaan.  Bahwa dengan berbuat baik ke masyarakat bisa menjadikan Indonesia Bangkit. Untuk itu, berbuatlah baik kepada sesama karena, sekecil apapun kebaikan kita kepada sesama akan mempercepat kembali Kebangkitan Indonesia.

Penulis : Deddy Purwinto

Ig         : deddypurwinto

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini