Bendera Merah Putih
Bendera Merah Putih

MATA INDONESIA, – Nama aku Dea berusia 17 tahun. Dulu aku suka sekali travelling, datang dan pergi dari pariwisata satu ke pariwisata lainnya. Hidupku terasa indah dengan menikmati keindahan alam semesta, yang kuasa telah ciptakan untuk setiap umatnya di bumi.

Namun semenjak Pandemi Covid-19 aku diam dirumah semua terasa membosankan, termasuk 17 agustusan tahun ini mungkin tidak akan ada lomba balap karung, kelereng, makan kerupuk, panjat pinang atau iring-iringan di jalan. Sekarang semua tak sama lagi. Namun dengan 17 belasan di rumah aja, ada 17 hal yang bisa aku/kamu lakukan. Tidak hanya rebahan namun tetap bisa memberikan semangat 45 membawa perubahan. Tujuh belas hal itu diantaranya :

1.Bertaqwa: beribadah menjalankan shalat 5 waktu tanpa telat karena tak ada hal yang menghambat lagi seperti kegiatan yang padat, tugas yang mendadak atau kecapean hingga tidur nyenyak.

2.Membantu orang Tua: dengan bersih-bersih setiap hari menyapu, mengepel, mencuci piring, memasak dan lain-lain bisa kita lakukan tanpa alasan cape, sibuk sama kerjaan, lupa, karena setiap waktu kita stay di home.

3.Menggali potensi: yang suka nyanyi bisa nyanyi sepuasnya, yang suka alat musik, desain grafis, sastra, menari, dan lain-lain bisa kita pelajari lebih dalam di rumah.

4.Menguasai teknologi: di rumah kita dapat menggunakan handphone untuk menggunakan aplikasi zoom, google meet, classroom dan aplikasi lainnya bukankah kita semakin tahu teknologi dengan memanfaatkan apa yang ada saat pandemi ini?

5.Belajar: apabila sebuah handphone dapat dengan bijak kita gunakan otomatis akan banyak pelajaran yang diperoleh contohnya dengan menonton fitur-fitur pembelajaran, mencari informasi terupdate dan banyak lagi.

6.Memperhatikan kesehatan : beberapa orang karena sibuknya kerja tidak sempat memperhatikan kesehatannya sendiri dengan di rumah kita dapat lebih memperhatikan kesehatan kita.

7.Merawat diri : kita dapat lebih menjaga diri kita salah satunya pada kulit. Tidak kepanasan atau tidak terganggu sinar matahari, jadi kita bisa menjaga kulit kita tetap terlihat putih mulus dan bersih selain itu tubuh kita tetap sehat dengan menjaga asupan makanan dan kebersihan di rumah.

8.Memperbanyak kenalan melalui sosial media : Meski hanya didunia maya tapi kalau kita bisa menjadi kawan baik, kenapa tidak? cobalah perbanyak teman meski hanya di sosial media karena kita tidak tahu siapa tahu aja suatu hari kenalan kita menjadi penolong dimasa depan.

9.Memasak: disaat 17 agustus kita bisa memasak sesuatu seperti makanan-makanan ringan atau berat sekalipun, dan yang pasti waktu kita hari itu dapat menjadi hari yang produktif

10.Membaca buku fiksi/non fiksi : menjadikan hari lebih santai sambil mendengarkan musik dan membaca buku, kalau versi aku sambil makan cemilan wiih mantap.

11.Mengabadikan waktu: kita bisa mengabadikan waktu  melalui tulisan loh… Waktu kita panjang dan akan lebih fokus mengabadikan hari istimewa misalnya menceritakan pengalaman ke dalam sebuah blog, wattpad.

12.Berbagi kasih sayang : kita bisa membuat kata-kata ucapan selamat hari kemerdekaan kepada teman-teman kita. Lebih banyak bercerita dengan keluarga kumpul bareng dan menceritakan hal-hal yang lucu.

13.Bisnis : eits kita bisa juga berbisnis loh contohnya seperti membuat makanan-makanan has daerah apalagi saat hari kemerdekaan sangat cocok sekali.

14.Seminar : nah karena suasana sedang covid-19 maka banyak even-even seminar yang diadakan secara online dan pastinya bermanfaat dari pada tarik ulur beranda gak jelas lebih baik ikut seminar yang bermanfaat kan?

15.Bikin channel : nah mumpung lagi banyak waktu dirumah kita bisa belajar membuat sebuah channel dengan konten versi kalian tentunya.

16.Live Instagram : masih ingat dengan seminar-seminar yang bisa diikuti? Nah disini lanjutannya kalian bisa sharing setiap ilmu yang didapat agar menjadi ilmu yang bermanfaat.

17.Menonton film perjuangan Kemerdekaan Indonesia : nah kita juga bisa menonton film sejarah kemerdekaan Indonesia selain memotivasi juga memberikan pemahaman yang begitu besar dimana kita melihat para pahlawan yang telah memberikan nyawanya untuk kemerdekaan.

17 Agustus di rumah pasti bahagia asalkan kalian pandai bersyukur setiap detik nya serta memberikan setiap do’a yang tulus untuk para pahlawan yang telah gugur, meski tidak berjumpa dengan banyak orang tapi kita menggali banyak pahala, pembelajaran dan pastinya tetap aman dirumah akan jauh lebih baik.

Penulis: Cici Puspita
Fb: Cici Puspita
Ig: @Cici Puspita02
Blog: Special Story Travelling

15 KOMENTAR

  1. nama saya Christian Galang sebelum pandemi
    saya dan adik saya mengikuti lomba di kampung halaman saya semejak pandemi saya di rumah saja sudah tidak lagi ke kampung halaman saya 17 agustus kali ini sudah tidak di jalani lagi seperti lomba makan kerupuk,lomba karung,panjat pinang,mengambil koin di terigu ,lomba masukan paku ke botol,main bola,dan lain lain 17 belasan di rumah pun kalian bisa lomba di dalam rumah dengan keluarga seperti tapi bisa memberi semangat untuk para pejuang untuk merebut kembali negara kita yaitu indonesia itulah komentar saya terimakasih

  2. Tetap semangat, trus berjuang melakukan hal-hal positive ,dan terus belajar memperbaiki dan mengembangkan diri, untuk saat ini dan masa depan nanti ,,,
    Semangat 45 NKRI

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here